Peserta Seleksi Paskibra Makassar 2017 Pecahkan Rekor Tahun Lalu

By Admin

nusakini.com--Sebanyak 999 pelajar se kota Makassar tercatat sebagai peserta seleksi Paskibra tahun 2017. Jumlah ini memecahkan rekor tahun lalu yang mencapai 768 pelajar. 

"Ini pertanda minat dan motivasi pelajar untuk menjadi paskibra kian besar dari tahun ke tahun," ujar Achmad Hendra Hakamuddin, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Makassar saat membuka seleksi Paskibra di Tribun Karebosi, Rabu (29/3) pagi.

Menurut Hendra, Pemkot Makassar tidak memberlakukan kuota peserta setiap melakukan seleksi. Karena itulah, seleksi mulai dilakukan pada akhir triwulan pertama. "Pak Walikota Danny Pomanto ingin paskibra yang lolos seleksi adalah putera-puteri terbaik Makassar," jelas Hendra.

Hendra menambahkan, pada proses seleksi pihaknya melibatkan Dinas Kesehatan, TNI dan PPI. Nantinya, dari 900 pelajar bertahap berkurang menjadi 500, kemudian 100 dan terakhir 70 orang yang akan menjadi tim elit.

Ke-70 pelajar ini akan menjalani pelatihan mental dan sikap untuk menjadi petugas pada upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang. "Diantara mereka, ada yang nantinya terpilih jadi petugas di level provinsi. Kami juga berharap ada sepasang pelajar Makassar yang terpilih untuk bertugas di Istana Negara," tutur Hendra.

Dilain pihak, Ketua PPI Makassar, Annas Sudirman berterima kasih kepada Pemkot Makassar yang selalu melibatkan lembaganya dalam berbagai program. Termasuk ikut menyeleksi pelajar Makassar untuk menjadi Paskibra. (ab)